Post Page Advertisement [Top]


Matematika merupakan ilmu yang pasti, bagi beberapa orang matematika terlihat sangat menakutkan tetapi jika para orang tua atau guru mulai mengenalkan matematika kepada anak-anak dengan menyenangkan. Maka, mereka pasti akan sangat menyukai matematika. Seperti yang dilakukan oleh 3 mahasiswa Kelompok 7 Universitas Trunojoyo Madura bernama Silmi Rahma Raihana, Mutmainnah dan Septia Trinurmaya yang sedang melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Desa Kesek, lebih tepatnya ke SD Negeri 2 Kesek. Mahasiswa mengajar siswa kelas 3 dalam program kerja mengajar ini, karena media pembelajaran yang dihasilkan berupa media perhitungan Perkalian dan Bagian yang penerapannya mudah dimengerti.

Sekarang akan dibahas sedikit apa itu penyelesaian penambahan dan pembagian. Perkalian merupakan proses aritmatika dasar di mana satu bilangan lipat gandakan sesuai dengan bilangan pengalinya. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa pertambahan adalah penjumlahan yang berulang. Sedangkan proses pembagian merupakan aritmatika dasar di mana satu bilangan dipecah rata menjadi bilangan yang lebih kecil sesuai dengan bilangan pembaginya.

Membicarakan media pembelajaran menggunakan plastik, siswa membuatnya dengan gelas dan sedotan plastik. Alasan pemilihan bahan tersebut juga dimanfaatkan agar, sampah plastik khususnya gelas dan sedotan juga dapat diolah menjadi alat hitung yang dapat siswa senangi dalam belajar matematika. Antusias siswa sangat positif, sebagai acuan kami dalam membuat media tersebut, kami dapat dari akun youtube bernama "Sri Andari Ragil".


Kegiatan ini kami laksanakan selama dua hari pada tanggal 12-13 Januari 2023, dengan didampingi oleh dosen pembimbing lapangan Dr. Widya Tri Pangestu, M.Pd. Dapat mendaftar siswa menunjukkan respon yang sangat baik dan memenuhi tujuan dari diadakannya kegiatan mengajar matematika ini. Semoga siswa kedepannya tetap memberikan respon positif dalam belajar ilmu matematika.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by KKN 85 UTM 2019