Post Page Advertisement [Top]

 

Gambar 1. Sosialisasi Edukasi Mengenai Pemilihan Sampah

Bangkalan - Sampah menjadi salah satu residu perkembangan inovasi manusia. Melalui perilaku /kegiatan manusia baik disadari maupun tidak sampah terus dihasilkan. Melihat dari keadaan sekolah SD Negeri Kesek 2 yang masih minim akan fasilitas bak sampah dan kesadaran lingkungan dari para siswa nya. Maka mahasiswa kelompok 07 UTM mengadakan sosialisasi mengenai topik sampah.

Sabtu 14/01/23 Dalam sosialisasi ini mahasiswa  KKN-T Kelompok 07 UTM yang didampingi oleh dosen pembimbing lapangan Dr. Widya Tri Pangestu M.Pd tertarik untuk memberikan edukasi mengenai jenis-jenis sampah, dampak sampah, cara menanggulanginya, dan diakhiri dengan kerja bakti membersihkan ruang kelas dan lingkungan sekolah secara langsung.

Tak hanya itu, dalam rangka memenuhi salah satu luaran dalam kegiatan KKN yaitu Teknologi Tepat Guna, Mahasiswa KKN-T Kelompok 07 UTM membuat tempat sampah yang terdiri atas 2 bagian yaitu organik, anorganik.

Gambar 2. Kegiatan Kerja Bakti Siswa

Tempat sampah ini terbuat dari ember bekas cat yang dicat ulang dengan warna berbeda yaitu warna hijau dan merah agar lebih menarik, dan diberikan penyanggah yang terbuat dari kayu sisa yang didapat dari tempat pembuatan meubel. Tempat sampah bagian organik berwarna hijau, sedangkan anorganik berwarna merah.

Gambar 3. Hasil Kerja Bakti

“Dengan adanya tempat sampah organik dan anorganik yang diberikan mahasiswa KKN ini, kami merasa terbantu dan semoga anak-anak bisa konsisten dalam menjaga kebersihan seperti hari ini” kata Ibu Siti Maryam selaku salah satu guru SD Negeri Kesek 2

Dengan adanya tempat sampah ini diharapkan siswa/siswi SD Negeri Kesek 2 dapat menumbuhkan budaya membuang sampah pada tempatnya dan dapat berkontribusi dalam menjaga lingkingan agar lebih bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by KKN 85 UTM 2019