Post Page Advertisement [Top]


Mahasiswa Abdimas KKNT Kelompok 7 Universitas Trunojoyo Madura pada tahun ini melaksanakan pengabdian masyarakat melalui program pengembangan pisang cavendish yang dilakukan di Desa Kesek, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan. Pengabdian ini dilakukan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia yang lebih baik. Tujuan lain dari kegiatan budidaya pisang cavendish yaitu untuk memberikan pengetahuan dan juga penghasilan baru yang bisa didapat oleh masyarakat desa. Karena, seperti yang kita ketahui bahwasannya saat ini pengembangan pisang cavendish memiliki peluang bisnis yang menjanjikan serta merupakan salah satu program yang diadakan oleh pemerintah.

 Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendorong budidaya pisang cavendish di Indonesia guna menekan impor negara sekaligus untuk bisa mencapai pasar ekspor. Dikutip melalui Antara (28/12/2019) Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian, Bapak Susiwijono mengatakan "Pemerintah mendorong pengembangan kawasan hortikultura berorientasi ekspor sebagai program prioritas yang menjadi quick wins kami,.." melalui hal tersebut kelompok 7 Abdimas Universitas Trunojoyo Madura melakukan penanaman pisang cavendish di Desa Kesek, adapun kegiatan yang dilakukan yaitu:

1. Persiapan Lahan Tanam

Membuat lubang dengan ukuran 40x35 cm untuk jenis tanah normal, sedangkan untuk tanah tandus yakni 80x70 cm dengan jarak antar pohon yaitu 3-4 meter. Setelah pembuatan lubang dilakukan, lubang didiamkan selama 7 hari sebelum dilakukan langkah selanjutnya yakni penanaman bibit pisang cavendish.

2. Pemupukan

Pemupukan awal dilakukan setelah menggali lubang dengan cara mencampurkan tanah hasil galian dengan pupuk kompos. Pada bulan selanjutnya lubang galian dapat ditanami bibit pisang dan dipupuk dengan pupuk urea sampai bulan ke-2. Untuk bulan ke-3 pemupukan dilakukan kembali dengan menggunakan pupuk urea yang dicampur dengan pupuk npk. Pada bulan ke-4 dan bulan-bulan selanjutnya pemupukan dilakukan dengan menggunakan pupuk npk saja.

3. Perawatan 

Pada saat penanaman bibit pisang jangan menyiram bibit dengan air yang terlalu banyak agar bibit tidak busuk dan mati. Daun yang menguning bisa dipangkas dengan cara menyisakan sekitar 20 cm batang dari pelepah pisang. Kemudian pada saat pohon sudah tumbuh jantung pisang, sebaiknya jantung pisang tersebut dipotong ujungnya sepanjang 5 cm lalu disemprot menggunakan pestisida anti lalat. Perawatan yang yang tidak kalah penting yakni membersihkan rumput liar yang berada di sekitar pohon.

4. Pemanenan

Buah pisang cavendish siap dipanen saat menginjak usia 12-13 bulan.  Pada musim kemarau buah pisang cavendish bisa dipanen saat berusia 80 hari setelah jantung pisang keluar, sedangkan saat musim penghujan pisang bisa dipanen pada usia 120 hari setelah keluar jantung pisang.

Sangat mudah bukan dalam melakukan penanaman pisang cavendish. Maka dari itu mari alih fungsikan kebun kosong dengan membudidayakan pisang cavendish guna membukan peluang bisnis yang menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by KKN 85 UTM 2019