Post Page Advertisement [Top]


TIK berperan penting dalam pembelajaran di sekolah yang mana pemanfaatannya dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran. Pemanfaatan TIK dapat berkaitan dengan media pembelajaran, sistem pengelolaan pembelajaran, sebagai sarana pembelajaran, sistem informasi dan desain pembelajaran.
3 mahasiswa yang sedang menjalankan Pengabdian Masyarakat UTM pada desa kesek yang terdiri atas Septia Tri Nurmaya, Silmi Rahma Raihana dan Mutmainnah mengambil langkah untuk melarang pentingnya TIK, khusus kelas VI SD yang tentunya akan melanjutkan sekolah ke yang lebih tinggi lagi dan pastinya ilmu TIK atau cara menggunakan microsoft word akan sangat bermanfaat bagi mereka.

Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari yaitu :
1. Pemberian Materi TIK dan aplikasi Microsoft Word
Pemberian materi kepada siswa yang dilakukan pada hari pertama mengenai pengertian TIK, manfaat dan penerapannya pada kehidupan sehari-hari yang dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya. Kemudian penulis menjelaskan mengenai Microsoft Word yang termasuk dalam memanfaatkan TIK. Pemberian materi dilakukan dengan memberikan informasi serta hasil pengolahan kata yang dapat dilakukan menggunakan Ms.Word.

2. Pelatihan Penggunaan Ms.Word
Pada pelatihan ini peserta dibagi menjadi 7 kelompok yang dilakukan dengan memberikan 2 soal latihan yang harus dilakukan peserta tanpa bantuan kakak-kakak yang mendampingi. Pelatihannya dilakukan dengan 2 tahap yaitu Pelatihan pembuatan tabel jadwal pelajaran dan Pelatihan pembuatan biodata diri.

3. Pemantauan
Kegiatan monitoring dilakukan untuk melihat seberapa jauh hasil yang telah mereka dapatkan. Pemantauan dilakukan untuk melihat hasil pengolahan kata berupa : bentuk teks, tabel pembuatan, kesesuaian hasil dengan yang telah dicontohkan.

Terakhir, mahasiswa memberikan hadiah kepada peserta yang berhasil membuat tabel jadwal pelajaran dan biodata diri dengan baik, benar dan menarik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by KKN 85 UTM 2019